mickey

Cute Rocking Baby Monkey

Senin, 09 Januari 2017

Perkembangan Matematika di Zaman Kejayaan Islam



                Islam pernah mengalami masa kejayaan yang juga turut diikuti oleh matematika yang mengalami perkembangan begitu pesat, tepatnya pada abad pertengahan di zaman kejayaan Islam. Perkembangan serta kemajuan tersebut bukanlah tanpa adanya sebab, namun memang karena adanya beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya hal tersebut.
            Beberapa faktor tersebut diantaranya :
1.       Dilakukannya langkah strategis berupa penerjemahan literatur-literatur asing dari Yunani dan India ke dalam bahasa Arab.
Kegiatan penerjemahan literatur serta buku-buku asing itu terjadi pada masa kekuasaan Bani Umayyah
2.      Didirikannya perpustakaan terbesar di dunia sekaligus lembaga riset Bayt al-Hikmah di Baghdad.
Pada masa kekuasaan Abbasiyah, Harun Al Rasyid bersama putranya Al Ma’mun membangun sebuah perpustakaan sekaligus lembaga riset terbesar yang ada di Baghdad, tempat ini merupakan fasilitas yang merupakan tempat belajar para cendekiawan.
3.      Ilmuwan muslim melindungi karya klasik matematika Yunani
4.      Bangsa Yunani pindah ke negara Arab dan Persia dengan membawa warisan ilmu pengetahuan
5.      Adanya teknologi pembuatan kertas
6.      Kontribusi ahli pikir dan para khalifah yang gemar menggali pemikiran-pemikiran besar dari berbagai peradaban yang telah lalu
Namun, matematika juga pernah mengalami kemunduran pada masa itu. Hal ini juga disebabkan oleh banyak faktor, namun ada dua faktor yang cukup berpengaruh pada kemunduran matematika tersebut, diantaranya :
1.       Peristiwa terbakarnya perpustakaan Kordova di Baghdad, Irak. Pada masa itu bangsa Mongol melakukan penyerangan terhadap Baghdad guna memperluas wilayahnya. Mereka menghancurkan kota Baghdad, banyak para ilmuan matematika yang terbunuh serta buku-buku yang dibakar dan juga dibuang ke sungai.
2.      Tidak mampunya Negara memfasilitasi para ilmuan dalam melaksanakan riset-risetnya, sehingga banyak ilmuan yang berpindah ke Eropa dengan membawa serta karya-karya matematika untuk dikembangkan disana. Hal ini tentu saja berpengaruh pada semakin berkurangnya ilmuan serta buku, karya, ataupun literature matematika milik Islam.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar