mickey

Cute Rocking Baby Monkey

Senin, 09 Januari 2017

Aliran dalam Filsafat Pendidikan Matematika



            Absolutis progresif merupakan upaya atau usaha manusia dalam mencari kebenaran tanpa menghiraukan hasilnya. Absolutis Progresi juga merupakan  sebuah pandangan yang mana dalam pengetahuan matematika adalah terdiri dari kebenaran tertentu dan tidak dapat dirubah-ubah. Pandangan filsafat pendidikan matematika mengenai Absolutis Progresif adalah bahwa aliran ini memandang matematika sebagai akibat dari sebuah usaha untuk mencari suatu kebenaran dan bukan hasil.
            Sedangkan aliran platonisme adalah aliran yang mengakui bahwa matematika memiliki objek yang mutlak. Aliran ini memandang bahwa eksistensi matematika bersifat real atau nyata meski pada kenyataannya objek matematika bersifat abstrak. Namun aliran platonisme ini tidak diterima oleh para ilmuan dan tidak termasuk dalam filsafat pendidikan matematika karena dianggap tidak mampu memberikan deskripsi yang tepat untuk matematika.
            Di dalam filsafat pendidikan matematika juga terdapat aliran konvensionalisme dan empirisme. Aliran konvensionalisme sendiri adalah sebuah konseb yang berdasarkan kesepakatan. Aliran konvensionalisme juga menyebutkan bahwa hasil kebenaran matematika berasal dari kesepakatan. Aliran ini tidak memiliki banyak informasi karena terlepas dari sosial matematika, yang berarti tidak terlalu banyak penerapannya dalam hal sosial matematikanya juga menerapkan sistem pemikiran logika.
            Sedangkan aliran empirisme adalah pengetahuan yang berasal dari pengalaman. Segala hal yang kita dapat dan kita ambil dari pengalaman disebut dengan pengetahuan. Kebenaran matematika juga merupakan generalisasi dari empiris, meskipun kebenaran ini dapat meragukan hasil. Selain empirisme terdapat juga empirisme kuasi, pada umumnya empirisme kuasi ini sama dengan empirisme. Karena empirisme kuasi adalah nama yang diberikan kepada filsafat matematika dan dikembangkan oleh Lakatos.
            Peran empirisme sendiri dalam dunia pendidikan adalah mampu membentuk watak dan sikap anak sesuai dengan harapan sistem pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar