mickey

Cute Rocking Baby Monkey

Senin, 09 Januari 2017

Perkembangan Matematika di China



                Cina juga termasuk Negara yang memiliki perkembangan dibidang ilmu pengetahuan termasuk matematika. Salah satu hasil dari perkembangan matematika Cina adalah ditemukanya rod numeral atau bilangan batang. Ketika matematikawan akan melakukan perhitungan, mereka menggunakan batang bambu kecil yang disusun untuk mewakili angka satu sampai sembilan. Sistem bilangan ini dinamakan bilangan Suzhou dalam istilah Cina.
            Untuk menghindari kebingungan, bentuk vertikal dan horisontal digunakan secara bergantian. Apabila batang dalam posisi vertikal maka menunjukkan satuan, ratusan, sepuluh ribu, dll, sedangkan apabila batang horizontal menunjukkan puluhan, ribuan, ratusan ribu dll.
            Cina memiliki banyak buku-buku matematika yang sayangnya pernah mengalami pengurangan akibat perintah Kaisar pada saat itu untuk membakar buku-buku yang tidak resmi berasal dari pemerintah. Akhirnya tersisalah beberapa buku yang menjadi pegangan dan disimpan. Salah satunya adalah buku Jiuzhang Suanshu yang berisi materi mengenai pengukuran luas segitiga, luas trapesium, dan luas lingkaran dengan berbagai rumus.
            Perkembangan matematika yang terjadi di Cina juga tak luput dari campur tangan beberapa tokoh, seperti :
1.      Zhang Heng (Seorang astronom dan ahli geografi)
2.      Lui Hui
3.      Zu Chongzi
4.      Yang Hui
5.      Zhu Shijie
6.      Cheng Dawei
Sesudah Yunani kuno dan Cina, bangsa lain yang berpengaruh terhadap perkembangan matematika adalah India. Karya ilmuwan India lain adalah Surya Siddhanta.  Surya Siddhanta adalah salah satu buku astronomi terawal India, di dalamnya terdapat aturan-aturan yang menjelaskan pergerakan benda-benda angkasa. Karya tersebut juga memperkenalkan fungsi trigonometri sinus, kosinus, dan invers sinus.
Matematika India menonjol dalam sistem numerasi. Notasi khusus telah dibuat untuk masing-masing angka antara satu sampai sembilan. Sistem bilangan India mengalami beberapa kali perubahan, yaitu :
1.    Angka Brahma
2.      Angka Gupta
3.      Angka Nagari atau Devanagari
Selain itu juga terdapat beberapa tokoh matematika di Negara India, seperti :
1.    Brahma Gupta (Pemberi aturan  menghitung dengan nol)
2.    Shatapatha Brahmana (Penemu nilai  terdekat)
3.    Aryabhata (Matematikawan dan astronom India)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar